1/28/17

JOB FAIR ATAU RECRUITMENT MASAL 2017



Halo teman jobseeker, dalam postingan ini saya akan membahas apa itu job fair, career day, job for career atau biasa disebut recruitment masal . Mungkin sedikit asing ditelinga kita apalagi kalau kamu adalah jobseker golongan freshgraduate atau biasa disebut anak baru lulus.
Job fair adalah suatu event atau acara yang diselengharakan dengan tujuan memudahkan para pencari kerja untuk melamar kerja pada perusahaan tertentu yang terlibat dalam acara tersebut, yang kondisinya dimana para pencari kerja di pertemukan dengan HRD nya langsung. Bisa hanya menaruh lamaran, bertanya tentang deskripsi pekerjaan yang akan dilamar bahkan mungkin ada yang langsung interview apabila prusahaan dalam kondisi mendesak memerlukan karyawan dalam waktu dekat.

Nah dapet kan gambaran job fair itu bagai mana, tapi tenang dulu jangan dulu tergesa- gesa untuk ikut job fair. Sebelumnya kita harus tau dahulu jenis-jenis job fair yang ada di daerah kita. Biar kita nantinya ga mubajir udah datrng jauh-jauh, habis ongkos dan biaya lamaran per mapnya yang juga tidak sedikit.
Job fair itu sendiri di bagi menjadi 2 menurut jenisnya, yaitu:

1. Job fair resmi pemerintah
Job fair ini biasanya di adakan oleh lembaga pemerintah misalnya depnakertrans, bumn, lembaga kementrian dan depatermen pemerintah lainya.
Biasanya diadakan di aula-aula pemerintahan, kampus negri, gedung olah raga, atau di gedung pemerintahan. Dan biasanya gratis dan untuk umum.

2. Job fair tidak resmi / job fair swasta.
Biasanya di adakan di mall- mall, aula- aula dan di kantor-kantor swasta. Biasanya untuk ikut acara ini kita di mintakan uang alias berbayar, yang harga tiket masuknya terbilang cukup mahal untuk para jobseeker yang memiliki modal minim ( maklum belum punya penghasilan ), yang biasa modal minta ke orang tua atau pinjam ke kerabat dekat.
Sebelumnya maaf saja kalau saya katakan tidak resmi, karna saya tahu betul tentang job fair ini dan saya sendiri pernah bekerja disana, yang akan saya bahas dalam postingan saya berikutnya RAHASIA KEJANGGALAN JOB FAIR SWASTA. Dalam postingan ini akan saya bahas secara tuntas semuanya.

Maksud saya menulis postingan ini adalah untuk pembelajaran kepada teman- teman jobseeker untuk lebih pintar lagi dalam mencari pekerjaan. Karna pada jaman sekarang ini banyak yang memanfaatkan situasi di atas kesulitan dan kebutuhan orang sedang susah mencari pekerjaan.
Saya tahu betul mencari pekerjaan itu sangatlah sulit,  sebelum saya jadi penulis saya sendiri pernah mengalami hal yang temen jobseeker rasakan saat ini, dimana waktu itu saya baru lulus, belum berpengalaman, modal dari orang tua yang mana orang tua saya sendiri hidup dalam keadaan pas- pasan. Tapi teman jobseeker jangan berkecil hati,  saya terpangil untuk membagikan tips-tips yang bermanfaat buat temen- temen jobseeker, seperti " MENCARI KERJA TANPA MEMBUANG UANG ".
Disini saya tidak akan membuang waktu dan uang temen- temen jobseeker karna saya tahu kamu pingin kerja dan mencari uang Bukan halnya membuang uang. Saya hanya akan membuang pola pikir lama kamu tentang mencari pekerjaan itu sulit. SEKALI LAGI SAYA PERINGATKAN KALAU POSTINGAN INI TIDAK BERMANFAAT SILAHKAN TUTUP HALAMAN INI!!!
Ya kalau memang bermanfaat ya silahkan lanjutkan membaca sampai tuntas dan dishare ketemen jobseker lainnya agar tidak mudah di bodohi oleh situasi yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu. Sebelum mengikuti acara tersebut baca juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JOB FAIR biar teman jobseeker bisa membedakan jobfair yang berkualitas dan yang abal-abal.

Sekali lagi janganlah berkecil hati, karena "semua manusia itu dapat peluang yang sama dalam pekerjaan dan kehidupan yang layak", seperti dalam UUD 45.
"Semua manusia udah di atur rezekynya dan tak tertukar asalkan kita mau berusaha dan berdoa".
Nah dalam artian BERUSAHA disini akan saya bantu temen- temen jobseker yang bener- bener mau berusaha dalam mencari kerja.

Syaratnya mudah, saya tidak minta uang kamu, disini saya hanya minta kamu:
1. RAJIN BACA
2. SELALU DIBACA
3. HARUS DIBACA

ARTIKEL TERKAIT :
RAHASIA KEJANGGALAN JOB FAIR SWASTA
MENCARI KERJA TANPA MEMBUANG UANG
TIPS MEMILIH JOBFAIR YANG BAGUS NO ABAL-ABAL
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN JOB FAIR
MENCARI KERJA TANPA MEMBUANG UANG

2 comments:

  1. Ada kekurangan dan kelebihannya oleh karena itu butuh keberuntungan juga...terima kasih share nya

    ReplyDelete
  2. The latest and most popular slot machines from today, updated
    Popular Slots · 5 Dragons Slot · 6 Emerald Queen Slot · 7 Jackpot Slot · 진주 출장안마 8 Big Juan Slot · 상주 출장마사지 9 Huuuge Slot · 군포 출장샵 10 충청북도 출장샵 Huuuge Slot · 11 Play'n GO Slots 서울특별 출장마사지 Online

    ReplyDelete